Jumat, 12 Agustus 2011

Teknik Meredam Emosi


Langkah Dasar
1.      Ambil posisi yang nyaman, boleh duduk/bersila, yang penting nyaman, enak, santai. (Langkah ini merupakan teknik dasar rileksasi)

2.      Siapkan 1 buah lilin, baiknya gunakan jenis lilin yang tanpa asap. Letakkan di lantai, atur jarak lilin di depan Anda, di posisi yang Anda rasa pas, boleh 50 cm, 1 m atau lebih dekat, terserah saja. Nyalakan apinya

3.       Nyalakan musik yang lembut, musik klasik, musik Kitaro, atau musik apa saja, yang Anda rasa nyaman dengan volume yang pas untuk tenang. Nikmati musik ini, salah satu ide mudahnya adalah fokus ke salah satu bunyi alat musik, atau ikuti irama tertentu yang Anda suka. (Langkah ini merupakan teknik audiotori dan self hypno)

4.       Lihatlah ke nyala api lilin sampai sangat fokus, lihatlah terus sampai terasa nikmat, indah dan asyik, pokoknya sampai terasa enak aja…. (Langkah ini merupakan teknik visual dan self hypno)

5.      Sambil menikmati alunan musik, melihat indahnya cahaya lilin, sekarang tariklah nafas Anda perlahan-lahan saja, rasakan nafas yang masuk melalui hidung, boleh nafasnya ditahan beberapa detik, jika mau… Lalu, perlahan-lahan sekali, hembuskan nafas Anda, sebanyak-banyaknya. (Langkah ini merupakan teknik kinestetik dan self hypno)

6.      Saat hembuskan nafas, boleh juga membaca dalam hati kalimat sugesti ini, misalnya: “Tenang… tenang… tenang…” atau “Saya ikhlas saya pasrah... saya ikhlas saya pasrah 
7.      Ulangi kegiatan ini beberapa kali, sampai anda terasa lebih baik dan berada di kondisi nyaman, paling baik sih bisa ke kondisi “NO MIND”
8.      Baik juga akhiri kegiatan ini dengan menghembuskan nafas panjang dengan keras agar api lilinya mati dan kembali ke alam, lalu tutup dengan ucapan syukur di dalam hati…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar