Selasa, 11 Desember 2012

Beli Properti Tanpa Uang


Apakah anda tertarik untuk membeli properti tanpa uang saat ini? Apakah mungkin untuk membeli properti tanpa uang? 'Tanpa uang' disini berarti anda tidak menggunakan uang sendiri untuk membeli properti anda. Ada beberapa cara untuk membeli tanpa uang disini, antara lain pinjam uang orang tua/kerabat atau menggunakan uang Bank.
Dengar kata 'Bank' jangan takut dulu ya, karena untuk membeli properti kadang kita perlu sebuah pengungkit. Berikut merupakan syarat membeli properti tanpa uang :

Harga properti yang anda beli harus di bawah harga pasar. Nah loh, bagaimana kita menentukan rumah yang mana yg di atas harga pasar dan di bawah harga pasar saya akan bahas di postingan yang lain

Anda mempunyai tabungan di bank. Contoh : jika anda sebagai pegawai, maka gaji anda harus tercatat dalam buku tabungan anda. Jika perusahaan tempat anda bekerja mempunyai sistem pengajian dengan cara setor di tabungan, berarti itu sudah ok. Tapi, jika belum, maka anda diharuskan untuk menyetor gaji anda secara manual ke tabungan anda (sebelum anda menggunakan uang untuk keperluan lain) sehingga gaji anda akan tercatat di buku tabungan anda. Gunanya apa ya?  bank akan melihat kemampuan bayar anda dari situ. Misalnya anda memiliki gaji 3jt/bln. Maka bank akan memberikan pinjaman KPR itu maksimal 1/3 dari gaji anda, yaitu 1jt/blnnya. 1jt/bln itu kira-kira rumah dengan harga Rp.100jt rupiah (kalau anda meminjam kira-kira 15-20 tahun). 

Nah, pasti masih ada yang bingung ya, coba tangkap dulu, soalnya sangat sulit menyampaikan semuanya dalam 1 artikel. Jadi, gambarannya adalah jika anda memiliki gaji kira-kira 10jt/bln, maka kemungkinan bank bisa memberikan pinjaman KPR dengan cicilan 3jtan/bln. Asumsi saya rumah dengan harga Rp. 300juta rupiah.

Sebenarnya dengan 2 hal ini anda sudah bisa membeli properti tanpa uang . 

Ada contoh lain, Anda mempuyai gaji 15jt/bln. Berarti kemampuan cicilan kira-kira 5jt/bln. Nah, anda tinggal cari properti yang harga rumahnya Rp.500jt, tapi dijual dengan harga di bawah, misal 300jt. Ada ga sih rumah seperti itu? Ada, dan sudah banyak yang membuktikannya. Bila jangka waktu pinjamannya 20 thn, maksimal bisa diberi pinjaman Rp. 560jt oleh bank. Bila anda menemukan rumah dengan harga 700jt dijual dengan harga Rp. 400jt.  

Apakah ada orang menjual harga lebih rendah ? Ada. Mengapa demikian ?
Karena kebanyakan orang  tidak tahu cara menghitung harga pasaran sebuah rumah. Ini adalah salah satu kuncinya. Singkat cerita , setelah anda mengajukan rumah tersebut untuk KPR. Bank akan mengirim apraisal untuk menilai harga rumah tersebut. 

Sebagai Catatan : Pada saat anda apply di bank, jangan hanya apply di 1 bank saja, kalau bisa apply di sebanyak mungkin bank secara bersamaan. Setelah di approve, maka anda akan mendapatkan kucuran dana dari bank sebesar 80% dari harga jual. Katakan harganya lebih tinggi, misalnya  ngomongnya ke bank dibeli dengan harga 700jt, bank akan memberikan dana maksimal 80% dari nilai pengajuan. jadi 80%nya adalah 560jt. Terus sisanya bank akan meminta kwitansi yang menyatakan bahwa kita sudah memberikan down payment ke pemilik rumah. Ini, tinggal pintar-pintar kita kerjasama dengan pemilik. Jika prosesnya sudah selesai, maka kita akan diberikan pinjaman 560jt. Nah, masih ada sisa. kan harga rumah Rp.400jt, kita dapat pinjaman 560jt. Berarti ada selisih sekitar 160jt. 

Ingat, duit ini jangan dipakai untuk bersenang-senang, Anda bisa gunakan uangnya untuk renovasi agar bisa dijadikan kost-kostan. atau bisa anda kelola melalui trading forex atau usaha tambahan lainnya.  Dan jika benar-benar kepepet duitnya bisa digunakan untuk membayar cicilan bank di awal agar memberikan nilai rapor baik dimata bank sambil menunggu kost-kostan kelar.

Setelah bidang usaha anda sudah jalan barulah mulai bisa berfikir sudah tenang, misalnya usaha kost-kostan sudah jalan, dan tiap bulan bisa mendapatkan omset kira-kira 6-7jt. Hasil kost bisa dipergunakan untuk membayar Cicilan misalnya  5jt/bln, sisanya bisa dipakai untuk bayar listrik, internet, maupun pembantu. Kalau anda dihitung-hitung anda tidak keluar uang sepeser pun untuk membayar cicilan rumah..

Semoga sukses untuk mendapatkan properti tanpa uang. Jika anda yakin, seberapa susah halangan yang anda hadapi, pasti anda akan mendapatkannya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar