Jumat, 07 Desember 2012

Kebebasan Finansial dimulai dari sikap bersyukur


Kebebasan Finansial Anda dimulai dari sikap bersyukur
Robert T Kyosaki
Anda Bersyukur terhadap apa ?
Di Amerika, ada kebiasaan merayakan hari Thanksgiving. Hari berterima kasih.
Kebanyakan orang berfikir hari itu berkaitan dengan makan aneka hidangan yang enak. Kenyataannya hari itu adalah waktu untuk merenungkan segala hal yang telah kita terima dan menikmati hari itu bersama keluarga dan teman-teman.
Tetapi sejak munculnya Badai Sandy yang menghantam Amerika, sehingga mengganggu kondisi ekonomi dan meningkatnya tingkat pengangguran, akan terasa sulit untuk dapat menikmati masa liburan Thanksgiving. Dalam situasi seperti ini sangat mudah untuk memiliki sikap yang buruk, sehingga jangan pernah terjebak dalam perangkap sikap terhadap situasi seperti ini
Dalam buku saya terdahulu saya telah menjelaskan mengenai pentingnya memiliki sikap positif dalam meraih impian Anda. Tetapi ada hal lain yang lebih penting, sebagai bagian dari perjalanan menuju kebebasan financial anda yaitu : mengelola ketahanan atau suatu cara untuk dapat mengembalikan keadaan anda dari sebuah kemunduran
Hal ini sangat penting bagi anda untuk menciptakan system yang mengijinkan anda untuk bekerjasama dengan segala tantangan , batu rintangan dan hadirnya kemunduran yang harus anda hadapi dalam hidup ini.
Dan Percaya saya. Saya sangat memahami apa yang saya bicarakan ketika saya mengalami kemunduran pada tahun 1985 lampau. Saat itu kondisi saya sedang bangkrut, tidak memiliki rumah tinggal, untuk beberapa saat saya tinggal di dalam mobil. Saat itu saya juga menghadapi berbagai tuntutan hukum, memiliki rekan kerja yang buruk, dan berbagai pemberitaan pers mengenai saya, banyak orang-orang yang saya kenal justru mencuri uang saya, mereka menipu saya dan tentunya saya melakukan ratusan kali kesalahan dan saya kehilangan harapan dari perjalanan karir yang telah saya rintis sebelumnya.
Coba tebak apa yang terjadi ? Saya masih tetap berdiri tegar sampai hari ini.. begitu juga anda
Sebagaimana yang telah saya tulis di buku saya “Rising Time”, ada dua hal yang saya katakan terhadap diri saya ketika bencana itu datang. Pertama, Saya mengingatkan diri saya bahwa “ Saya akan berhasil melaluinya” Dan kalimat berikutnya saya katakan kepada diri saya “ Hal baik akan datang karena hal ini”. Dan saya selalu tersenyum ketika saya mengulang ulang kalimat ini, dan saya terus katakan kalimat itu sampai diri saya merasa yakin.
Kedua kalimat di atas sangat manjur karena dari sanalah saya menjadi seperti sekarang, tetap berdiri tegar dan selalu merasa bahagia. Dan semua kemunduran yang saya alami, telah membentuk saya, rumah tangga, dan perusahaan saya menjadi lebih kuat dan lebih baik justru disebabkan oleh peristiwa kemunduran itu sendiri.
Ketika Terjadi Kesalahan, Tetaplah Berfikir Positif
Suatu kemunduran bisa jadi merupakan kesalahan kecil, sesuatu yang menyebabkan kekecewaan, suatu masalah atau sesuatu kegagalan.
Intisari sebuah kesalahan adalah sesuatu yang Anda tidak tahu sehingga kuncinya adalah mencari tahu apa yang Anda butuhkan untuk belajar dari kesalahan itu agar tidak terjadi lagi
Jika anda tetap berpangku tangan, merasa nelangsa, menyalahkan orang lain dan mempertahankan sikap negative, maka anda tidak akan pernah belajar, keuangan anda akan semakin terpuruk dan impian anda untuk memiliki kebebasan keuangan akan semakin jauh dari kenyataan. Anda perlu untuk merubah pola piker anda dalam melihat kesalahan dan kegagalan sebagai kesempatan untuk belajar, bertumbuh dan menjadi lebih sukses di seluruh area hidup anda.
Jika anda berhasil melakukannya, anda akan memperolah pelajaran yang berharga dan anda akan mampu untuk melaju ke depan. Memang lebih mudah berkata daripada melakukan .
Sebagai panduan bagi anda, alihkan pikiran anda untuk menuliskan rencana masa depan anda dalam buku jurnal / dream book yang dapat mendukung kemajuan anda, tingkatkan pengetahuan financial yang anda miliki, carilah informasi dan temukan jawabannya, selanjutnya Bertindaklah !
Dengan adanya hari libur Thanksgiving, merupakan waktu yang tepat untuk perenungan / introspeksi dan memutar arah dari sikap yang negatif menjadi lebih positif. Catatlah segala hal yang patut anda syukuri dan ucapkan terima terima kasih termasuk di dalamnya siapa saja orangnya, tempat, kesehatan, hal-hal yang telah anda pelajari dari kesalahan yang telah anda lakukan.
Bila anda melakukannya, maka anda akan memiliki panduan yang dapat membantu anda untuk melangkah ke depan.
Dan hal yang paling penting, adalah catatan anda dapat dipergunakan sebagai penguat sikap positif diri anda setiap hari sebagai bekal anda meniti perjalanan anda menuju kebebasan finansial dengan lebih lancar
Bila anda melakukan hal di atas, maka saya dengan suka hati mengucapkan selamat karena telah menjadi bagian dari komunitas Rich Dad

2 komentar:

  1. Saya rsa sangat setuju dengan statement agan bahwa Kebebasan Finansial dimulai dari sikap bersyukur. sebagai seorang trader kita harus bisa mensyukuri apa yang diberikan dengan mensyukurinya dan tidak berusaha untuk trading dengan serakah apalagi over trading dan overlot karena hal ini bukanlah menimbulkan efek positif tetapi akan menyebabkan kita mengalamai kerugian. saya sendiri sekarang tetap mensyukuri apa yang saya peroleh saat memperoleh WD di broker octafx

    BalasHapus
  2. program, promo, bonus dari broker ACY ini memang sangat bagu sekali gan, ane di broker ini sudah empat bulan bergabung. selama ane bergabung bersama broker ACY ini, ane tidak menemukan kesulitan sedikit pun menjalankan trading nya, karena fasilitas nya banyak membantu ane untuk konsisten mendapatkan profit.

    BalasHapus