Selasa, 01 Januari 2013

Jurang Fiscal & Pengaruhnya


Definisi Jurang Fiskal
Jurang Fiscal adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kondisi yang dihadapi oleh pemerintah dan warga AS pada akhir tahun 2012 ini, saat UU Kontrol Anggaran tahun 2011 dijadwalkan akan resmi diberlakukan.
Di antara beberapa UU yang secara resmi akan berlaku pada dini hari tanggal 1 Januari 2013 mendatang adalah akhir dari peraturan yang mengatur mengenai pemotongan sementara pajak penghasilan (akhir dari peraturan ini berimbas kepada kenaikan pajak penghasilan sebesar 2% untuk para pekerja), akhir dari pemotongan pajak untuk bisnis, pergeseran pajak minimum yang akan membesar, akhir dari pemotongan pajak dari periode 2001-2003, dan mulainya pemberlakukan pajak yang berkaitan dengan Obamacare (program kesehatan yang dibuat oleh pemerintahan Obama).
Selain itu di waktu yang bersamaan pengetatan pengeluaran juga akan diberlakukan sebagai bagian dari kesepakatan batas utang yang telah dibuat tahun 2011 lalu. Menurut Barron's lebih dari 1000 program pemerintah – termasuk anggaran pertahanan dan kesehatan akan mengalami pemotongan tajam secara otomatis.
Kemungkinan Dampak Jurang Fiskal
Lalu apa sebenarnya masalahnya? Ternyata jika jurang fiskal sampai benar-benar terjadi, dampaknya ke ekonomi AS akan sangat dramatis. Kombinasi dari kenaikan pajak dan pengetatan anggaran memang akan menurunkan defisit hingga kurang lebih 560 miliar dolar, akan tetapi hal ini juga akan menyebabkan GDP di AS mengalami penurunan sebesar 4% di tahun 2013. Dengan pemotongan GDP sebesar 4% ini berarti ekonomi AS akan masuk ke dalam resesi.
Di waktu yang bersamaan, kondisi ini juga akan mengakibatkan naiknya tingkat pengangguran, yang diprediksi akan bertambah 1% dari saat ini. Hal ini berarti sekitar 2 juta orang akan kehilangan pekerjaannya.
Yang lebih berbahaya lagi, meskipun jurang fiskal belaum terjadi, akan tetapi jika pemerintah Obama tidak bisa mencapai kesepakatan tertulis untuk memastikan bahwa hal ini tidak akan terjadi, maka ketidakpastian itu sendiri sudah bisa mengakibatkan resesi. Tanpa adanya kepastian bisnis dan rumah tangga akan melakukan perubahan pengeluaran guna mengantisipasi hal terburuk. Dengan kondisi ini kemungkinan di kuartal terakhir tahun 2012 ekonomi AS sudah akan mengalami pertumbuhan negatif.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar